Kisah Keajaiban Sholawat: Wanita Pendosa Selamat dari Azab Kubur


KASATMATA.COM – Membaca sholawat merupakan perintah Allah Swt dan memiliki beragam keutamaan. Bahkan keutamaan tersebut menjadi kisah keajaiban sholawat yang terbukti ampuh bagi mereka yang mengamalkannya.


Oleh karena itu hendaknya seorang hamba untuk senantiasa mengamalkan baca sholawat. Allah Swt berfirman dalam surah Al-Ahzab ayat 56:


إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا


Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56).


Salah satu kisah keajaiban sholawat yang diterangkan dalam kitab Al-Shalawaat Miftahu Kullil Musykilaat, Ali Qazweini yakni kisah seorang wanita selamat dari siksa kubur karena membaca sholawat.


Berikut ini kisah keajaiban sholawat tersebut:

Ada seoarang wanita terkejut ketika ia melihat putrinya yang baru meninggal disiksa di alam barzakh dalam mimpinya.


Ia menangis, meratap, dan terus dalam kondisi seperti itu selama berhari-hari. Kemudian, untuk kedua kalinya, ia melihat putrinya dalam keadaan bahagia dan senang berada di taman indah firdaus dalam mimpinya.


Wanita itu bertanya kepada putrinya, "Apa kabarmu nak? Beberapa hari lalu aku melihat engkau mengalami siksaan dan hari ini engkau sudah berada di taman firdaus."


Putrinya menjawab, "Sebelumnya aku disiksa karena dosa-dosaku dan kelalaianku.


Kalau sekarang ibu melihatku dalam keadaan bahagia, itu karena ada seorang mulia yang lewat di pekuburan ini kemarin dan bershalawat beberapa kali kepada Muhammad dan Keluarganya.

Kemudian ia menghadiahkan pahala sholawatnya kepada penghuni pekuburan ini, maka Allah Swt mengangkat azab kubur dari kami dengan berkat shalawat yang dibaca orang mulia tersebut."


Itulah kisah seorang wanita yang disiksa di alam kubur atas dosanya, namun berkat sholawat ia mendapatkan kenikmatan dan syafaat kanjeng Nabi Muhammad Saw.


Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda:

ا منكم من أحدٍ سلّم علي إذا متُّ إلا جاءني جبريل فقال جبريل يا محمد هذا فلان ابن فلان يُقرئك السلام، فأقول وعليه السلام ورحمة الله وبركاته. (رواه أبو داود)

Artinya: “Tidak ada salah seorang di antara kamu yang mengucapkan salam kepadaku sesudah aku mati melainkan malaikat jibril datang kepadaku seraya mengucapkan: ‘wahai Muhammad, ini Fulan bin Fulan mengucapkan salam untukmu, maka aku menjawab: “dan atasnya salam dan rahmat serta berkah dari Allah.” (HR. Abu Daud).


Dengan demikian, orang yang bersholawat kepada Nabi Muhammad Saw di suatu pekuburan dan menghadiahkan pahalanya kepada para penghuni pekuburan itu. Maka sungguh Allah Swt akan mengangkat azab dari mereka sebagai penghormatan terhadap shalawat-shalawat yang dibaca itu.***