Tuliskan Syarat Brosur yang Baik, Berikut Jawabannya Lengkap dengan Kreteria dan Penjelasan

  


KASATMATA.COM – Ada pertanyaan atau perintah tentang brosur yakni “Tuliskan syarat brosur yang baik?”


Namun sebelumnya perlu diketahui penjelasan tentang brosur itu sendiri. Brosur merupakan salah satu alat promosi komunikasi yang persuasif. Dalam artian komunikasi persuasif adalah komunikasi yang sifatnya mengajak, mendesak, membujuk atau meyakinkan.


Sehingga tujuan yang diharapkan dari promosi komunikasi tersebut yakni tercapai baik berbentuk informasi ataupun penjualan barang dan jasa.


Menurut Wiliam J. Stanton sebagaimana dikutip oleh Nana Herdiana Abdurrahman menggunakan istilah komunikasi pemasaran dengan istilah promosi. Ia menyebutkan: “promosi adalah salah satu dalam bauran pemasaran yang digunakan untuk memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan tentang produk perusahaan.


Brosur merupakan bagian media promosi yang merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk promosi.


Adapun pengertian brosur yakni bahan cetakan yang berisikan gambar atau tulisan (lebih dominan). Seperti halnya leaflet dan folder, brosur juga dimaksudkan untuk mempengaruhi pengetahuan dan keterampilan sasaran tetapi pada tahap menilai, mencoba, dan menerapkan”.


Kekuatan brosur umumnya terletak pada layout, ukuran dan frekuensi. Sedangkan kekuatan menggunakan brosur adalah menguasai jarak dan ruang, dapat menjangkau massa dalam jumlah yang besar, nilai aktualitas yang cepat, daya rangsang yang cukup tinggi, serta menyampaikan informasi dengan lebih singkat, jelas, dan sistematis.


Terlebih lagi brosur untuk media sosial saat ini, brosur dapat diposting di Facebook, Whatshapp, Instagram, TikTok maupun Twitter. Sehingga jangkau brosur tidak hanya era manual yakni ditempel di dinding maupun tempat-tempat publik.


Kelebihan dan Kekurangan Brosur

Dikutip dari Ruth Stefanie dalam jurnal berjudul Respon Pengunjung Terhadap Media Brosur Jatim Park 2”, berikut ini kelebihan dan kekuarangan brosur.


Kelebihan:

  1. Khalayak dapat mengatur tempo dalam membaca. Ia dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca. Media yang dapat ditinjau ulang, pembaca dapat dengan tenang membaca dengan teliti surat kabar dan dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknya.
  2. Karena sifatnya yang tercetak pesan-pesannya bersifat permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan sebagai bukti.


Kelemahannya :

  1. Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan membaca dan atensi atau perhatian.
  2. Karena tidak bersifat auditif dan visual, brosur harus mempunyai cara untuk mengembangkan kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan memahaminya.


Brosur adalah alat komunikasi standar dalam membangun kesadaran tentang adanya destinasi, informasi, pengetahuan dan keinginan untuk membeli produk.


Adapun pertanyaan Tuliskan syarat brosur yang baik

Berikut jawabannya:

Dikutip dari brainly.co.id, yang dijawab ferganoortano. Berikut ini jawaab syarat brosur yang baik:

  1. Bahasa mudah dimengerti banyak orang
  2. Desain menarik
  3. singkat tapi informatif
  4. memberikan judul brosur dengan menarik
  5. memberikan foto produk
  6. gunakan warna warna yang banyak disukai orang
  7. informasi harus jelas
  8. ukuran tulisan harus bisa dibaca


Adapun kreteria brosur yang baik yakni:

  1. Mudah di akses, misalnya tempat penyebaran brosur dan mudah dibawa.
  2. Jujur. jujur dalam menampilkan foto dan penjelasan dalam brosur.
  3. Informasi tentang lokasi.
  4. Bahasa. bahasa yang digunakan menarik dan mudah dimengerti.
  5. Kualitas. kualitas foto pada brosur dan bahan yang digunakan pada brosur.


Demikianlah jawaban dari pertanyaan Tuliskan syarat brosur yang baik, semoga bermanfaat.***