Inilah Kirab Ramadan Ala SD Islam Al-Fajar Jomblang Kota Semarang, Diiringi Grup Rebana

Semarak Ramadhan 1445 H/2024 M SD Islam Al-Fajar Jomblang, Kota Semarang

KASATMATA.COM - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M, SD Islam Al-Fajar Jomblang Semarang mengadakan pawai/kirab ramadhan yang diikuti oleh semua  siswa siswi, dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 serta para guru, Jumat (08/03/2024)


Kegiatan ini dimulai dari halaman masjid At-Taqwa Jomblang, kemudian bergerak mengelilingi wilayah Kelurahan Jomblang dan mengarah ke bundaran Lapangan Cinde serta finish kembali di SD Islam Al-Fajar. 


Tampak, para siswa sangat antusias dalam kegiatan ini. Dengan mengenakan busana muslim serta membawa berbagai jenis aksesoris, mulai dari bendera merah putih, kembang manggar dan berbagai aksesoris lainnya, makin menambah suasana kirab jadi tambah meriah.


Kepala sekolah SD Islam Al-Fajar, Yuli Rahmawati, S.pd berharap, dengan adanya kegiatan ini, para siswa dan guru lebih bersemangat dalam beribadah di bulan Ramadhan dan tentu sebagai ajang syiar, mengingatkan kembali akan datangnya bulan Ramadhan kepada masyarakat, khususnya umat Islam.


“Harapanya kegiatan seperti ini, dapat menjadikan kita untuk lebih baik lagi dalam beribadah di bulan suci Ramadhan dengan kualitas ibadah yang meningkat. Mari kita berpacu menjadi pemenang di bulan penuh barokah ini,” kata Yuli Rachmawati.


Lebih lanjut Yuli mengatakan, selain itu memang kami ingin mengenalkan sekolah kita di lingkungan sekitar, sekaligus mengenalkan lingkungan pada anak-anak karena siswa siswi kami sekarang tidak hanya berasal dari lingkungan sekitar saja.

"Banyak siswa siswi SD Islam Al-Fajar  dari Kelurahan Jangli, Banteng kemudian dari Kelurahan-kelurahan lain juga ada," imbuhnya.


Koordinator lapangan sekaligus panitia kirab, Tri Lutviyono, S.pd menyampaikan, selain menyambut bulan Ramadhan, kirab ini juga dimaksudkan untuk mengajak siswa siswi menyambut puasa dengan penuh suka cita. 


“Mengajak para siswa siswi agar menyambut Ramadhan dengan senang hati dan bahagia, sekaligus untuk mengingatkan masyarakat agar mempersiapkan diri dengan baik menyambut bulan yang penuh berkah ini,” ujar Tri Lutviyono.


Dengan membawa spanduk-spanduk bertuliskan kalimat menyambut Ramadhan, peserta kirab berjalan menyusuri jalan-jalan utama wilayah Jomblang dengan diiringi Group rebana Al'Fa. 


Pihak sekolah melalui koordinator  lapangan dibantu beberapa guru dan juga masyarakat setempat memantau dan mengamankan sepanjang ruas jalan yang dilewati kirab. Tampak kegembiraan di wajah setiap siswa siswi sepanjang kirab berlangsung.*** (Lusi Maulid Ndalu)